Berita
Minggu, 30 September 2018 08:31:50

Parenting Class, SMKN 3 Kasihan/SMSR Jogja

Bantul (29/9) Pemerintah telah mengeluarkan  kebijakan mengenai pelibatan keluarga dan masyarakat di satuan pendidikan. Kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, masyarakat berlandaskan pada azas gotong royong , kesamaan kedudukan, saling percaya, saling menghormati, dan kesediaan untuk berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan budaya prestasi peserta didik.

SMKN 3 Kasihan/ SMSR Jogja menyambut baik kebijakan ini dengan mengadakan parenting class bagi orang tua siswa yang dibagi sesuai dengan kelasnya. Putaran pertama telah berlangsung pada hari Jumat, 21 September 2018 untuk para orang tua siswa kelas X. Selanjutnya pada hari Jumat, 28 September 2018 dilaksanakan lagi untuk para orang tua siswa kelas XI. Selain dihadiri oleh para orang tua, wali kelas, komite sekolah, para pejabat struktural sekolah, hadir pula pengawas sekolah bimbingan konseling, ibu Dra. Endang Suryaningsih, M.Pd., yang meberikan paparan mengenai pentingnya peran keluarga untuk mendorong prestasi siswa.

Kegiatan parenting class ini menghadirkan bapak Dody Hartanto, S.Pd., M.Pd selaku Kaprodi Bimbingan Konseling FKIP UAD sebagai nara sumber. Dalam paparannya beliau menyatakan bahwa quality time dalam kelurga sangat penting untuk membangun perasaaan percaya, hormat dan toleransi yang bisa dipupuk dalam keluarga. Dengan adanya pondasi yang kuat dalam keluarga diyakini akan membentuk anak-anak yang sehat dan berprestasi.

Semoga dengan adanya parenting class ini sekolah dan keluarga semakin erat dan harmonis untuk membangun karakteristik siswa menjadi lebih positif dan berprestasi.

[sc]